Minggu, 05 Desember 2010

Mudahnya Rumus Rubik 3x3

Misteri kotak kecil yang memiliki enam sisi dengan warna yang berbeda di tiap sisinya ini dari dulu hingga sekarang selalu saja diminati banyak orang, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Pertama kali diciptakan pada 1974 permainan rubik ini memiliki formasi dasar 3x3 atau sembilan persegi pada tiap sisinya. 
Bagi sebagian orang rubik ini termasuk jenis permainan yang sulit, bahkan cenderung menyerah jika diminta menyelesaikannya. Padahal jika Anda tahu rumus rubik 3x3, permainan ini justru cukup mudah untuk diselesaikan.
Untuk menguasai permainan puzzle ini tidak harus mempunyai IQ yang tinggi, cukup dengan mengingat rumusnya semua orang pasti bisa menyelesaikan keunikan permainan ini. Berikut teknik dasar untuk menguasai mudahnya rumus rubik 3x3.
Sebelum masuk ke rumus kubik 3x3, ada beberapa istilah yang yang akan digunakan untuk mempermudah Anda dalam mengingatnya:
Depan (D)          : Sisi depan
Belakang (Be)    : Sisi belakang
Atas (A)             : Sisi atas
Bawah (Ba)        : Sisi bawah
Kanan (Ka)        : Sisi kanan
Kiri (Ki)              : Sisi kiri
Dalam rumus rubik 3x3 ini pergerakannya searah jarum jam kecuali huruf-huruf yang diberi tanda bintang (*), contoh A* dan Ka* berarti digerakkan berlawanan dengan arah jarum jam. Pergerakan yang dilakukan dua kali akan diikuti angka sebagai tanda banyaknya pengulangan, contoh A2 dan Ka2 berarti lakukan pergerakan sebanyak dua kali. Berikut langkah-langkahnya :
1. Buat Bagian Bawah Berwarna Putih
Langkah-langkahnya:
  • Membuat bentuk palang (+) dengan warna kuning di tengah dan warna putih di atas-bawah dan kanan-kirinya. Lalu posisikan sisi tersebut ke sisi bagian atas.
  • Samakan warna yang terdapat di bawah warna putih lalu putar dua kali (D2). Lakukan pada sisi-sisi lainnya hingga bagian bawah kubik kini membentuk palang berwarna putih semua.
  • Gunakan rumus Ka A Ka* atau Ka A* Ka* hingga sisi bagian bawah berwarna putih keseluruhan.
2. Buat Dua Baris di Bawah Berwarna Sama
Caranya dengan membentuk huruf T terbalik dengan warna yang sama. Lalu gunakan rumus A Ka A* Ka* A* D* A D.
3. Bentuk Palang Berwarna Kuning di Sisi Atas
Caranya dengan mencari pinggir sisi bagian atas yang tengahnya belum berwarna kuning berada di tengah atas sisi bagian depan. Lalu, gunakan rumus D Ka A Ka* A* D*.

4. Membuat Sisi Bagian Atas Berwarna Kuning Semua
Langkah-langkahnya:
  • Cari pojok kanan atas sisi bagian depan yang berwarna kuning. Lalu gunakan rumus Ka A Ka* A Ka A2 Ka* hingga sisi bagian atas membentuk “ikan” berwarna kuning.
  • Posisikan ujung “kepala ikan” berada di atas kiri sisi bagian depan. Gunakan lagi rumus Ka A Ka* A Ka A2 Ka* hingga sisi bagian atas berwarna kuning keseluruhan.
5. Membuat Sisi Bagian Belakang Berwarna Sama
Langkah-langkahnya:
  • Gunakan rumus Ka A2 Ka* A* Ka A2 Ki* A Ka* A* Ki hingga pojok atas kanan-kiri sisi bagian depan berwarna sama (jika sudah ada lewati saja).
  • Posisikan bagian tersebut di sisi bagian kiri. Lalu gunakan rumus Ka A2 Ka* A* Ka A2 Ki* A Ka* A* Ki hingga sisi bagian kiri berwarna sama. Lalu posisikan sisi yang berwarna sama tersebut ke sisi bagian belakang.
6. Membuat Bagian Tengah Atas pada Sisi bagian Depan Berwarna Sama
Yang harus diperhatikan:
  • Jika bagian tengah atas sisi bagian depan ingin dipindahkan searah jarum jam gunakan rumus D2 A Ki Ka* D2 Ka Ki* A D2.
  • Jika bagian tengah atas sisi bagian depan ingin dipindahkan berlawanan arah jarum jam gunakan rumus D2 A* Ki Ka* D2 Ka Ki* A* D2.
Berhasil! Anda sudah menyelesaikan rubik yang sudah dikacaukan sebelumnya. Semakin cepat Anda menghafal rumusnya, maka semakin cepat Anda menyelesaikan permainan puzzle ini. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin cepat pula Anda menyelesaikannya. Selamat Mencoba! :)

2 komentar:

  1. terimakasih..sangat membantu..tp belum bisa menguasainya..sukses terus kak ☺

    BalasHapus